Month: August 2020

MENGENALI CIRI-CIRI IBU HAMIL KIRA-KIRA HAMIL ANAK PEREMPUAN ATAU LAKI-LAKI

Pasangan yang baru menikah dan sedang hamil, atau para calon orang tau biasanya selalu mengharapkan jenis kelamin setiap bayinya. Ada yang ingin kembar, ada yang ingin anak pertamanya perempuan, ada juga yang ingin anak pertamanya laki-laki.

Karena biasanya, saat kehamilan sudah diatas 6 bulan biasanya sudah terlihat tanda-tanda atau ciri apakah sedang hamil anak laki-laki atau anak perempuan. Lah emang ada ciri-ciri tertentu?

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, bahwa jaman dulu teknologi belum secanggih sekarang. Dulu itu mesin USG belum ada bahkan alat medis pun mungkin sangat sederhana. Nah biasanya saat nenek moyang pada jaman dahulu bisa menebak jenis kelamin dengan menyelenggarakan acara 7 bulanan. Pasalnya jika sang ibu memilih kelapa yang bergambar Srikandi, berati kandungan tersebut perempuan. Sedangkan jika sang ibu memilih kelapa yang bergambar Arjuan, berati kandungan tersebut laki-laki.

Ada juga yang mengatakan, jika ayahnya membelah kelapa yang airnya muncrat menandakan bawah bayi berjenis kelamin laki-laki, namun jika air kelapa itu rembes berati berkelamin perempuan.

Namun bukan hanya itu saja, namun berdasarkan beberapa pengalaman dan pengamatan disetiap ibu hamil, ternyata ada ciri-ciri lain yang sudah terkenal dari jaman dahulu hingga sekarang bahkan sudah sangat turun temurun. Lantas apa saja ciri-cirinya? Simak yuk!

Jika seorang ibu sedang hamil anak perempuan, sang ibu mengalami tanda-tanda seperti bentuk perut yang lebih lebar, sering mengalami morning sickness, payudara kiri menjadi lebih besar, rambut menjadi lebih merah, sakit disekitar panggul, tubuh yang dirasakan oleh ibu biasanya lebih hangat dan juga detak jantung lebih dari 140 denyut per menitnya, lalu wajah ibunya cenderung lebih cerah dan segar bahkan mereka seneng dandan, sifatnya jadi lebih cerewet dan gampang moody serta lebih suka dengan makanan dan minuman yang diolah dari susu.

Sementara jika sang ibu sedang mengandung anak laki-laki, biasanya tanda-tanda tersebut kebalikan dari yang perempuan seperti, perut lebih mancung ke depan, sering merasa sakit di dibagian tulang belakang, mual yang dirasakan tidak hanya di pagi hari namun tidak separah saat hamil anak perempuan, lalu detak jantung kurang dari 140 denyut per menit, payudara lebih besar sebelah kanan, telapak tangan yang cenderung kering, selalu ngidam makanan atau minuman yang asam, kulit cenderung kusam, dan juga cenderung cuek.

Namun dari banyaknya ciri-ciri tersebut, sebagian ada yang mitos karena tanda-tanda tersebut bukan merupakan penelitian secara medis. Ada juga yang bertolak belakang antara ibu hamil satu dengan yang lainnya. Tapi jika kita melihat secara rasional, bentuk perut tidak mempengaruhi karena pada dasarnya bayi perempuan ataupun laki-laki posisinya sama-sama mendekap menjadi bola kecil sehingga dapat muat didalam rahim. Pada dasarnya bentuk perut terbentuk karena bentuk tubuh dan rahim sang ibu. Ada juga yang sakit di area pinggul, namun hal ini bisa terjadi karena sang ibu kekurangan cairan, naiknya berat badan dan memiliki postur tubuh yang berubah.

Kalau soal ngidam, inipun balik lagi kepada calon ibu, karena ada pula yang ngidam justru malah ayahnya. Secara medis, perasaan akan ngidam tersebut untuk untuk merema kekhawatiran saat hamil saja. Makanya sang suami harus bisa mengabuli permintaan dan memberi perhatian yang lebih untuk sang istri. Untuk selera ngidam pun tergantung masing-masing pribadi, ada yang menginginkan makanan manis, asin, pedas, tapi ingat ya moms itu bukan tergantung dati jenis kelaminnya.

Selebihnya memang tidak banyak yang berbeda dari tanda-tanda kehamilan anak laki-laki dan perempuan. Namun jika sang ibu memang mengandung anak laki-laki, pasti akan mengalami kenaikan hormon androgen. Hal seperti itulah yang bisa membuat kulit ibu menjadi lebih gelap dan kusam.

Coba untuk para moms yang pernah hamil atau sedang hamil, beberapa tanda diatas valid gak? Atau mungkin tidak ada tanda-tanda yang sama?

MULAI ATUR POLA HIDUP SEHAT YUK!

Setiap manusia pasti ingin punya pola hidup yang sehat agar ketika menjalankan aktivitas pun terasa optimal. Ditengah pandemi sekarang ini, kita memang diharuskan untuk lebih produktif untuk melakukan hal-hal yang lebih positif dan juga harus bisa menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terserang penyakit.

Untuk mengatur pola hidup sehat itu sederhana kok, tidak sulit. Memang butuh konsistensi dan kayaninan apabila kita ingin menerapkan pola hidup yang sehat. Karena dampaknya bukan untuk sekarang saja, tapi bisa bermanfaat ketika menjelang tua anti, pokonya akan berlaku jangka panjang.

Ketika kamu sudah membiasanya untuk berpola hidup sehat, dijamin deh kamu ga bakal seulit kedepannya. Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu dengan bangun pagi.

Kalian udah tau belum apa sih pola hidup sehat itu?

Pola hidup sehat merupakan gaya hidup dengan memperhatikan segapa aspek kesehatan. Mulai dari kebiasaan bangun pagi, olahraga, sampai makanan yang kita konsumsi. Intinya semua yang berbau dengan menjaga kondisi kesehatan arga bisa terhindar dari segala penyakit yang menyerang tubuh.

Untuk membiasakan hidup sehat pasti akan selalu berhubungan dengan makanan, terlebih kita harus mengonsumsi makanan yang sehat maksudnya sehat disini adalah kandungan gizi seimbang dan memastikan kalau makanan yang kamu makan itu higienis.

Selain dari makanan sehat, pola hidup sehat pun tidak jauh dari olahraga yang teratur, karena dengan kita sering berolahraga tubuh pun akan terasa lebih bugar dan fit, lalu kita pun tidak akan gampang stress. Dengan melakukan pola hidup sehat, dijamin deh kita akan menjadilani hari yang lebih baik lagi.

Tujuan dari pola hidup sehat sendiri antara lain untuk nejadi kesehatan, kesehatan merupakan hal yang terpenting dari segalanya. Karena dengan sehat, kita bisa beraktivitas dan bisa lebih produktif. Kemudian, jika kita sudah berpola hidup sehat lebih dini, maka ada peluang untuk seseorang tersebut dapat bertahan hidup lebih lama. Walaupun umur tidak ada yang tahu, tapi setidaknya kita bisa mengantisipasi agar terhindar dari penyakit yang bisa membuat nyawa terancam.

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya, bahwa menerapkan hidup sehat itu tidak sulit, intinya kalau memang niat pasti proses tersebut akan mudah. Misalnya dimulai dari kebiasaan bangun pagi, karena jangan sampai kamu melewatkan sinar matahari, tau ga vitamin d dari matahari itu sangat bermanfaat bagi tubuh.

Selanjutnya kamu bisa menerapkan pola hidup sehat dengan menerapkan dengan mengonsumsi makanan dana minuman yang sehat contohnya dengan rajin makan sayur dan buah-buahan. Tidak hanya itu, kamu pun harus banyak mengonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari. Karena air putih telah mengandung mineral yang diperlukan bagi tubuh. Air putih pun bisa mendetok racun yang ada di tubuh juga loh.

Selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengonsumsi makanan gizi seimbang. Lebih baik hindari makanan yang bisa berpotensi menimbulkan lemak seperti fastfood atau makanan pinggir jalan yang kita tidak tahu bagaiaman kebersihannya.

Jika asupan makanan yang masuk dalam tubuh sudah bagus, jangan lupa untuk tetap rajin dalam berolahraga. Dengan olahraga bisa mencegah dari obesitas, selain itu ketika tubuh mengeluarkan keringat maka lemak-lemak di tubuh otomatis akan terbakar karena ada  proses metabolisme saat berolahraga.

Untuk kamu yang sudah begadang harus di hindari ya, karena itu tidak baik buat kesehatan. Kamu harus punya waktu tidur yang cukup dan juga hindari aktivitas yang membuat mu harus terjaga sampai malam. Yang terakhir adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, lingkungan yang kotor bisa menjadi sumber penyakit.

Itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat, lakukan sedikit demi sedikit lama-lama pun kamu akan terbiasa. Semoga bermanfaat ya!

JANGAN SEMBARANGAN MENGIKUTI TREND KALAU KAMU GA INGIN SEPERTI INI!!

Saat sedang pandemic seperti ini muncul lagi trend baru yaitu bersepeda. Bersepeda sepertinya sudah menjadi primadona di masa sekarang.

Tak jarang ketika kita sedang keluar rumah akan selalu banyak orang bersepeda yang berseliweran.

Entah mereka memang benar ingin memulai olahraga demi membiasakan hidup sehat atau hanya ingin ikut trend aja? Semoga mereka benar-benar ingin sehat ya.

Jangan Sembarangan Ikuti Trend Ini

Selain untuk berolahraga, sekarang pun sepeda  sudah dijadikan sebagai alat transportasi baik untuk ke kantor ataupun ke tempat lainnya.

Ini pun bertujuan untuk menghindari keramaian di transportasi umum dan juga agar kita mendapatkan badan yang sehat.

Tapi kabar bukurnya adalah ketika bersepeda banyak sekali pegowes yang terjadi kolaps dan ini sudah menjadi hal yang sangat sering terjadi.

Sebagian besarnya disebabkan karena serangan jantung. Namun kolaps ini sudah terjadi dari lama karena biasanya orang yang sedang futsal juga tiba tiba mengalami kolaps.

Apa sih yang bisa memicu kondisi tersebut?

Menurut dr. Vito Damay, SpJP yang merupakan dokter ahli jantung dari rumah sakit Siloam Lippo Karawaci ini mengatakan bahwa penyebab kolabs terjadi karena banyak hal salah satunya adalah orang tersebut tidak mengukur seberapa kemampuan tubuhnya untuk kuat bersepeda.

Hal ini terjadi biasanya karena mereka tidak pemanasan terlebih dahulu atau mungkin seorang tersebut baru masuk sebagai anggota klub sepeda.

Karena bisa saja orang tersebut yang jarang olahraga sama sekali, namun langsung gowe dengan kecepatan yang ga biasa.

Bisa juga orang tersebut bersepeda lebih lama dari biasanya dengan tanpa persiapan, jadi ketika pertama kali mencoba langsung dengan intensitas yang tinggi.

Dokter Vito pun menyebutkan bahwa seseorang yang terkena kolaps biasanya terlalu memaksakan diri untuk mengayuh sepeda yang sebenarnya tubuh sudah tidak kuat, sebagian juga ada yang memiliki riwayat penyakit jantung namun tidak menyadarinya.

Karena setiap orang yang miliki penyakit jantung koroner atau penyempitan pembuluh jantung, orang tersebut akan merasa baik baik saja.

Lalu bagaimana cara menyadari bahwa kita punya penyakin jantung atau engga? Kita harus sering check up bilamana pernah merasakan sesak dada di bagian sebelah kiri.

Intinya ketika sudah merasa ada yang tidak enak atau susah bernafas lebih baik cepat di periksakan ke dokter agar dapat penanganan lebih lanjut.

Perlu diketahui juga bahwa tanda-tanda seseorang akan kolaps ketika bersepeda atau menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres akan ditandai dengan dada sakit, nafas berdebar-debar, pusing, susah nafas dan dada terhimpit itu sudah pasti tanda serangan jantung.

Kalau partner bersepeda kamu ada yang mengalami kondisi ini, diharapkan kamu jangan panik dan segera cari panggilan untuk bantuan.

Jika memang benar ada partner amu yang tidak sadarkan diri atau tidak merespon saat dipanggil, coba goyangkan bahunya dan kalau misalnya tetap diam tidak ada respon bisa jadi orang tersebut kolaps karena jantung.

Jadi diharapkan kalau ingin mengikuti trend seperti ini, kamu harus persiapkan diri terlebih dahulu jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di jalan.

Selain itu lakukan pemanasan sebelum bersepeda dan jika hal ini baru pertama kali di lakukan, sebaiknya jangan menempuh jarak yang terlalu jauh. Setidaknya diri kamu ga akan kaget, apalagi jika tidak terbiasa kamu akan sakit seluruh badan.

KENAPA KITA SERING MENGALAMI INSOMNIA?

Kurangnya aktivitas sehari-hari apalagi membuat kita ga ngapa-ngapain dirumah malah akan memicu susah tidur atau mengalami insomnia.

Pasalnya ketika kita berkegiatan seharian penuh atau terkadang kita merasa cape, otomatis akan membuat tidur kita lebih cepat karena selalu merasa lelah dan butuh istirahat.

Namun ketika tubuh kita tidak digunakan untuk apapun malah akan memicu masalah tidur, bahkan tak sedikit orang yang memiliki pola tidur yang ancur.

Nah biasa nih perempuan cenderung mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami insomnia apalagi di masa corona ini.

Karena ada penelitian menjelaskan bahwa orang yang memiliki kebiasaan susah tidur cenderung sering mengalami stress atau kecemasan tentang kesehatan, perubahan di kehidupan sosial, keuangan dan perubahan rutinitas sehari hari.

Penyebab Insomnia

Peningkatan setiap harinya banyak berikatan dengan wanita yang lebih banyak beban ketika home-schooling untuk anak anak, karena pada dasarnya setiap wanita yang memiliki anak, ia harus bekerja lebih ekstra dan harus bisa menempatkan dirinya untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan juga mengajarkan anak dalam belajar.

Karena insomnia ini merupakan salah satu masalah yang dapat memperburuk kesehatan dan banyak orang yang mengabaikannya.

Umumnya perempuan dengan usia 16-34 tahun akan mengalami kemunduran kesehatan mental salaam pandemic ini dibandingkan laki-laki.

Kenapa? karena aktivitas perempuan akan lebih banyak dibanding laki-laki. Masalah yang sering kita alami sehari-hari misalnya stress, depresi, cemas, masalah emosional bisa menyebabkan insomnia.

Kebiasaan dari tidur siang pun bisa memicu untuk susah tidur di malam hari, namun kamu pun harus tau apa saja sih yang menyebabkan insomnia dan kamu tau ga cara mengatasinya bagaimana?

Penyebab utama dari insomnia biasanya karena stress, karena itu yang paling umum yang bisa menyebabkan insomnia.

Atau kamu memang sudah terbiasa tidur tengah malem atau subuh? Itu juga menjadi kebiasaan yang ga baik karena malah jadi habit dan akan kamu lakuin secara terus-terusan. Sehingga kamu pun pasti ga bisa tidur dibawah jam 12 malam.

Insomnia merupakan gangguan tidur tapi gejala lainnya bisa krena sleep apnea, sindrom kaki gelisah atau gangguan ritme sirkadian misalnya kamu jet lag atau dapet kerja shift malam.

Selain itu ada faktor eksternal yang membuat kamu susah tidur misalnya ada kamu mengonsumsi obat yang membuat sulit tidur atau faktor libungan seperti cahaya, suhu ekstrim atau kebisingan.

Lalu apa saja yang bisa membantu untuk menghindari insomnia yang lebih lanjut?

  • Kamu harus bisa mengarut waktu tidur, cobalah untuk membuat jadwal harus tidur dan bangun jam berapa lalu lakukan setiap harinya.
  • Jangan tidur siang, karena dengan tidur siang kamu akan merasa ga ngantuk ketika malam hari dan malah membuat kamu lebih fresh.
  • Simpan smartphone, karena banyak nih setiap orang yang mengalami insomnia mereka malah menyalakan smartphone scrolling social media, stalking mantan. Karena ketika kamu memaksan mata untuk melek dan bekerja di depan cahaya atau layar yang nyala otomatis kamu malah makin ga bisa tidur.
  • Olahraga yang teratur.
  • Ketika kamu ga bisa tidur coba rangsanglah dengan beberapa hal yang bisa membuat mengantuk. Misalnya membaca buku atau mendengarkan alunan lagu penghantar tidur.
  • Hindari makan yang terlalu malam, karena dengan itu malah membuat kamu terjaga sepanjang malam.

Untuk kamu yang memiliki masalah tidur atau insomnia, segerelah ubah pola hidupmu menjadi lebih sehat.

Okelah karena sekarang masih ada pandemic dan masih di rumah saja jadi bisa bangun lebih siang, tapi gimana ceritanya kalau ternyata kami harus kerja jam 7 pagi? Yang ada kamu akan pusing seharian karena belum tidur.

HOBI YANG BISA MENINGKATKAN KESEHATAN DAN MENAMBAH PAHALA

Setiap agama apapun, pasti selalu mengajarkan kebaikan. Apalagi dengan kita melakukan kebaikan akan menambah pahala juga.

Kalau kamu termasuk orang yang selalu mengedepankan agama pasti hidupmu selalu seimbang antara dunia dan akhirat.

Namun banyak yang berfikir bahwa agama islam selalu menentang kesenangan, atau misalnya dalam pekerjaan ataupun dalam hobi.

Padahal dalam kenyataannya tidak, padahal itu bukan menetang, agama hanya mengajarkan kebaikan saja bukan bermaksud untuk melarang.

Hobi Sehat Dan Bermanfaat

Mungkin karena mereka ga tau saja bahwa dalam agama islam selalu menganjurkan untuk memiliki hobi-hobi ini.

Karena setiap olahraga juga akan menjaga kebugaran dan kesehatan. Di agama islam selalu memperhatikan semua aspek kehidupan. Dengan begitu kita juga bisa menjalankan sunnah rasul.

1.Lari

Olahraga ini termasuk olahraga yang sangat sederhana karena tidak membutuhkan peralatan apapun.

Kamu bisa berlari keliling komplek atau bisa lari di dalam track di lapangan yang ada dekat rumah.

Mungkin kamu banyak yang ga sadar kalu ternyata lari itu merupakan sunah rasul, beliau sering melakukan lari bersama istrinya.

Dahulu Nabi Muhammad SAW pernah menceritakan bahwa pernah mengadakan pertandingan lari dengan istrinya, dengan begitu akan memberikan kesehatan jasmaninya.

2.Gulat

Olahraga ini juga salah satu menjadi sunnah rasul. Gulat adalah olahraga tertua di dunia. Makanya udah ga asing lagi kalo misalnya gulat selalu ada di dalam film kolosal.

Bukan cuma untuk adu kekuatan, tapi ini juga menjadi media untuk  dakwah rasul pada awal penyebaran Islam.

Rasullulah pernah menceritakan bahwa ia pernah bergulat dengan laki laki bernama Rukanah. Selain itu demi menarik hidayah untuk Rukanah, Rasulullah menggunakan gulat ini untuk  pendekatan olahraga sebagai metode dakwah.

Maka dari itu setelah kejadiana tersebut menjadi pemacu bahwa olahraga ini termasuk olahraga yang sunnah.

3.Anggar

Mungkin sebagian besar kamu ada yang belum tau olahraga ini, atau mungkin kamu ga akan asing dengan olahraga ini.

Sejatinya olahraga ini memang tidak terlalu terkenal di Indonesia. Anggar menjadi salah tren pada saat jamannya Rasul.

Hadist berkata “Ketika orang-orang Habassyah sedang bermain anggar di hadapan Nabi, tiba-tiba Umar masuk, kemudian mengambil kerikil dan melemparkannya pada mereka.

Kemudian Rasulullah SAW berkata kepada Umar ‘Biarkanlah mereka itu, hai Umar’.”

4.Berkuda

Berkuda memang salah satu olahraga yang harus mengeluarkan budget yang cukup besar. Dengan berkuda juga itu udah menjadi salah satu sunah Rasul.

Hadits riwayat At-Thabrani Rasulullah SAW bersabda “segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat perkara, yaitu senda gurau sumai dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah dan mengajarkan renang”

5.Renang

Selain olahraga yang sudah di sebutkan di atas, renang pun sudah ada di dalam haditsnya. Ohiya renang juga merupakan kemampuan yang harus di kuasai juga setiap orangnya. Renang menjadi salah satu hobi makanya bisa di sebut dengan sunah rasul.

Riwayat hadistnya pun sama dengan olahraga berkuda , yaitu-Thabrani, Nabi Muhammad mengatakan renang sebagai salah satu kegiatan yang bersenang-senang dan tidak termasuk perbuatan yang sia-sia.

6.Memanah

Rasulullah pernah bersabda, “ketahuilah bahwa yang dimaksud dengan kekuatan itu adalah memanah” Beliau mengatakannya sampai tiga kali.

Selain itu harus be;ajar memanah, memanah juga termasuk sebaik-baiknya permainanmu.

Itulah 6 olahraga yang bisa mendatangkan pahala, sekaligus kamu juga bisa mendapatkan kesehatan. Mana olahraga favoritemu?